Dikbud Terus Siapkan Guru Hadapi UN Featured

(Sekretaris Dikbud Maluku Mimi Hudjajani)

Untuk memantapkan Ujian Nasional (UN) yang berlangsung ditahun 2019, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku dibawah pimpinan Bapak Drs. M. Saleh Thio, terus berusaha dengan berbagai cara untuk dapat mendongkrak hasil kelulusan siswa SMA/SMK dan Sederajat, agar tidak lagi terjadi pengulangan bagi para siswa. Hingga digelar lagi bimbingan teknis (bimtek-red) Kurikulum 2013 (K-13) bagi guru SMK se-Maluku yang berlangsung di Hotel Imperal Inn, kemarin. Kadis dalam arahan yang disampaikan Sekretaris Dikbud Maluku Mimi Hudjajani, kepada peserta bimtek menyatakan, pendidikan sekarang ini sudah semakin rumit hingga guru mesti benar-benar siap dalam berbagai hal baik itu soal nilai budaya, kemampuan berbahasa, ilmu pengetahuan dan tidak ketinggalan pendidikan karakter. Sebab K-13 menuntut guru dan siswa mestib sama-sama aktif, hingga intisari pembelajaran harus dikuasai guru, selanjutnya untuk K-13 proses pembelajaran siswa SMK beda dengan SMA. Untuk SMK guru mesti menyusun peta pendidikan berdasarkan kompetensi yang sudah dibagikan seperti halnya Kota Ambon ada pada bidang pariwisata dan kesehatan. 

 

Untuk itu, bagi guru yang ikut haruslah bertanggungjawab dalam mengikuti kegiatan, juga dimintakan Narasumber Pusat dapat telorkan ataupun transferkan semua ilmu bagi para peserta. Karena semua sekolah telah disiapkan tahun depan melaksanakan UNBK, hingga menuntut guru untuk dapat menyiapkan siswa dengan baik. 

(Panitia pelaksana dalam hal ini Kepala Seksi Kurikulum SMK Selly Pelupessy)

Sementara itu, panitia pelaksana dalam hal ini Kepala Seksi Kurikulum SMK Selly Pelupessy, mengatakan dibuatnya kegiatan ini supaya para guru dapat siapkan satuan pendidikan secara terencana sampai tahun 2020 dengan K-13 dan tujuannya untuk menyamakan persepsi K-13 sebagai tuntutan abad 21 serta model pembelajaran mesti sesuai. Dimintakan guru yang hadir ikut dengan saksama, sebab nantinya jadi pioner dan yang ikut dalam bimtek ini adalah semua guru produktif SMK sebanyak 38 orang berasal dari 11 Kabupaten/Kota. ()

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU

  • KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU
    Jenderal  Ahmad Yani  Kelurahan Batu Gajah, Kecamatan Sirimau
    Ambon - Maluku, 97124
  • 0911 352389 - 352367
  • (fax) 0911-352389

Copyright © 2016 Thinkweb. All Rights Reserved