Dikbud Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pokja Pendidikan Keluarga Featured

(Sekretaris Dikbud Maluku Mimi Hudjajani)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku, menggelar kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas Pokja pendidikan keluarga tahun 2018, yang berlangsung di Hotel Golden Palace pada 26 - 28 September 2018.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Drs. M. Saleh Thio,  dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Dikbud Maluku Mimi Hudjajani,  mengatakan dengan adanya kegiatan ini maka kinerja pembangunan pendidikan di Maluku semakin baik terutama dalam mensukseskan seluruh program dan agenda pemerintahan dibidang pendidikan, khususnya pengembangan pendidikan keluarga yang kemudian akan berdampak positif terhadap harmonisasi satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat. 

 

Dikatakan, salah satu prinsip penyelenggaraan pendidikan sebagaimana amanat UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional pasal 4 ayat 6 menyatakan bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan. Untuk mewujudkan prinsip penyelenggaraan pendidikan Nasional tersebut diperlukan kemitraan yang kuat antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat yang kita sebut dengan Tri Sentra Pendidikan, sehingga terbentuk ekosistem yang mendukung lingkungan pendidikan yang kondusif bagi ruang belajar anak. "Hal ini harus diawali dengan kebijakan pendidikan melalui peningkatan kapasitas pelaku pendidikan keluarga, dalam penyelenggaraan sistem pendidikan untuk kemudian mendorong satuan pendidikan mengimplementasikannya secara berkesinambungan,"ujarnya. 

Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen Paud dan Dikmas Kemendikbud RI,  merasa perlu untuk menyelenggarakan kegiatan Bimtek peningkatan Pokja pendidikan keluarga dengan harapan kiranya kegiatan ini dapat melahirkan sebuah keselarasan program Pokja pendidikan keluarga setiap Kabupaten/Kota dengan Provinsi dan Pusat. "Keselarasan program tersebut harus dapat dijadikan bahan rencana tindak lanjut untuk penanganan pendidikan keluarga kedepan, dengan berbasis pada suatu diagnosa masalah,  tantangan, arah kebijakan setiap Kabupaten/Kota serta baseline data yang akurat terutama untuk jumlah sekolah yang telah melaksanakan pengembangan pendidikan keluarga maupun sekolah yang belum di intervensi,"tuturnya. 

Diingatkan supaya para peserta kegiatan dapat menjadikan Bimtek ini sebagai wahana penongkatan kapasitas diri serta upaya mewujudkan kerjasama dan keselarasan program pendidikan disekolah, keluarga dan masyarakat, dalam membangun ekosistem pendidikan yang membutuhkan karakter dan budaya berprestasi peserta didik. ()

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Friday, 12 October 2018
Login to post comments

KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU

  • KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU
    Jenderal  Ahmad Yani  Kelurahan Batu Gajah, Kecamatan Sirimau
    Ambon - Maluku, 97124
  • 0911 352389 - 352367
  • (fax) 0911-352389

Copyright © 2016 Thinkweb. All Rights Reserved