K-13 Mulai Diberlakukan Menyeluruh di Maluku Featured

Tahun ajaran 2018 - 2019 telah di instruksikan untuk seluruh Propinsi di Indonesia termasuk Maluku harus memberlakukan pembelajaran dengan menggunakan K-13. Hingga untuk Propinsi Maluku sudah dimulai dengan rapat koordinasi (Rakor) guru yang diultimatunkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Maluku Drs. M. Saleh Thio,  bahwa K-13 harus diberlakukan menyuruh didaerah ini. Dari kegiatan itu, Senin (23/7), berlanjut pendidikan dan pelatihan (Diklat) implementasi K-13 yang diperuntukkan bagi guru SMA se-Propinsi Maluku. 

Kepala Dinas dalam arahannya, mengatakan sudah tidak ada lagi sekolah yang menggunakan KTSP 2006 dalam proses pembelajaran, semua mesti seragam dengan K-13 mengingat tahun ajaran 2018 - 2019 seluruh SMA di Maluku melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Lanjutnya,  untuk melaksanakan K-13 guru harus melengkapi diri dengan alat peraga yang salah satunya Leptop dan harus menguasai informasi teknologi (IT).  Untuk itu,  mulai dari sekarang seluruh sekolah harus berproses dan kami pihak Dikbud akan turut membantu dalam hal sarana prasarana komputer yang masih belum lengkap, agar tidak ada lagi kendala saat menghadapi pelaksanaan UNBK.

Dikatakan lebih lanjut, mengenai implementasi K-13 setiap guru diwajibkan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan, agar mereka tidak canggung dalam proses pembelajaran dengan menggunakan K-13.

Sementara itu panitia pelaksana Dahlan Souissa,  menambahkan para guru yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya sekedar ikut-ikutan namun wajib bertanya sepuas-puasnya kepada Narasumber, agar memiliki wawasan yang berkaitan dengan K-13 demi kemajuan pendidikan di Maluku. Selain itu juga referensi yang harus digunakan para guru yaitu melalui membaca Koran dan menguasai IT, untuk bisa melihat berbagai macam program pendidikan melalui Yutube supaya kedepan Maluku bisa mendongkrat naik dari hasil UKG. ()

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU

  • KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU
    Jenderal  Ahmad Yani  Kelurahan Batu Gajah, Kecamatan Sirimau
    Ambon - Maluku, 97124
  • 0911 352389 - 352367
  • (fax) 0911-352389

Copyright © 2016 Thinkweb. All Rights Reserved