Empat SMP Miliki Nilai Tertinggi Featured

Seluruh SMP di Indonesia termasuk Maluku telah mendengar hasil kelulusan pada Jumat (25/5),  dan Dikbud melaksanakan jumpa pers untuk mengumumkan presentase kelulusan.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Drs. M. Saleh Thio, didampingi Ketua Panitia UN Provinsi tahun 2018 Fentje Mandaku, dan Kasubag Perencanaan Husein Henaulu, kepada pers, kemarin, menjelaskan tahun ini presentase kelulusan terjadi kenaikan sebesar 20 persen jika dibandingkan tahun lalu,  dimana dari 51,23 naik tahun ini 51,64.

Untuk itu, Kepala Dinas menyatakan sangat bersyukur dalam pelaksanaan UN SMP baik itu UNBK maupun UNKP, boleh berjalan dengan lancar sampai dengan kini pengumuman hasil kelulusan. "Saya boleh berlegah, seluruh SMP di Maluku proses pendidikannya sudah merata, ini terlihat dari hasil yang boleh dicapai para peserta didik,"tuturnya.

Senada dengan itu, Mandaku selaku Ketua Panitia UN, merincikan nilai rata - rata yang dicapai dalam tahun ini yakni 51,64 dan empat mata pelajaran ujian Nasional untuk UNBK yakni Bahasa Indonesia 98 diraih oleh siswa SMP Negeri 2  Ambon, Bahasa Inggris 96 diraih SMP Lentera, Matematika 100 diraih SMP Lentera dan IPA 87,5  dua sekolah miliki nilai sama yaitu SMP Kalam Kudus dan SMP 4 Kairatu dari Kabupaten SBB. 

Menurutnya,  nilai ujian yang mendominasi nilai tertinggi ada pada Kota Ambon selanjutnya Kabupaten/Kota lainnya juga nilai cukup baik hanya ada tiga Kabupaten/Kota yang tidak ikut UNBK yakni MBD, Bursel dan SBT. Dengan menjelaskan, tahun ini jumlah siswa SMP yang mengikuti UN sebanyak 36. 494 siswa, dari 733 sekolah dan yang melaksanakan  UNBK ada 8. 0276 siswa dengan jumlah sekolah 88. Sedangkan UNKP siswa berjumlah 28. 220 dari 645 sekolah.
Mengakhiri jumpa pers,  Kepala Dinas menyatakan apa yang telah kami dapatkan sekarang ini merupakan suatu prestasi yang perlu disemangati, karena ada siswa yang memperoleh nilai 100.

Diharapkan tahun depan, kiranya semua sekolah bisa seperti sekarang ini, harus terus berprestasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Apalagi tahun depan, semua sekolah sudah harus UNBK sesuai dengan SOP dari Kemendikbud. Hingga menyangkut hal itu, kami akan memberikan seruan yang sifatnya instruksi ke seluruh satuan pendidikan. ()

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU

  • KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU
    Jenderal  Ahmad Yani  Kelurahan Batu Gajah, Kecamatan Sirimau
    Ambon - Maluku, 97124
  • 0911 352389 - 352367
  • (fax) 0911-352389

Copyright © 2016 Thinkweb. All Rights Reserved