Dikbud Gelar Kegiatan Pemberian Dukungan Penghargaan Bidang Budaya Featured

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku melalui Bidang Budaya, menggelar kegiatan pemberian dukungan penghargaan dan kerjasama di bidang budaya, yang berlangsung di Hotel Everbrigth Belakang Soya Ambon, Senin (12/3).

(Kepala Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Drs. M. Saleh Thio, Msi)

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Drs. M. Saleh Thio, Msi, tersebut berlangsung selama dua hari. Peserta berasal dari 11 Kabupaten/Kota di Maluku sebanyak 20 orang yang terdiri dari para pelaku seni dan budaya.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku dalam sambutannya, mengatakan budaya merupakan sesuatu yang terkesan klasik dan tradisional, namun sesuatu yang klasik itu perlu dijaga dan dipelihara bahkan dilestarikan.

Saat ini dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang begitu pesat, tetapi negara masih memberikan ruang yang seluas - luasnya untuk budaya dan budaya itu tetap ada bahkan dilestarikan. Karenanya patut diberikan apresiasi terhadap kesempatan itu.
Dikatakan, Maluku punya beragam budaya baik yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat Internasional, tetapi banyak juga budaya - budaya yang masih tersimpan dan belum diketahui publik.

(Suasana Kegiatan Pemberian Dukungan Penghargaan Bidang Budaya)

Budaya Maluku seperti tarian dan kesenian sudah dipertontonkan kepada masyarakat Eropa maupun  Asia. "Nah lewat acara di hari ini saya menghimbau, agar budaya -budaya yang dimiliki oleh bapak/ibu peserta dapat dikembangkan. Seandainya memenuhi kriteria maka akan diusulkan ke Pusat, guna mengikuti nominasi untuk mendapat penghargaan,"ujar Kepala Dinas.

Menurutnya,  tahun lalu budaya sasi lompa di Pulau Haruku mendapat penghargaan Pak Elisa Keysa mendapat pengharagaan dari Pemerintah Pusat. Dengan demikian,  diharapkan pada tahun -tahun mendatang ada juga yang mendapat penghargaan.

Sebelumnya Ketua Panitia Jemmy Wattilete, ketika menyampaikan laporan panitia menyebutkan tujuan kegiatan ini adalah memberikan penguatan pemberian dukungan pengahragaan kepada pelaku seni dan budaya, mengsosialisasikan tentang penghargaan yang akan  diberikan, memberikan penjelasan dan pemahaman terkait penilaian karya budaya, dan pengusulan karya budaya peserta
Pada tahun 2014 diusulkan 4 (empat) orang dengan karyanya , tahun 2016 4 (empat) orang, tahun 2017 12 orang. Sasi lompa diusulkan sejak tahun 2014.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan tifa oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku didampingi Kabid Kebudayaan Dinas Pendikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Darwin Lawalatta. ()

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU

  • KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU
    Jenderal  Ahmad Yani  Kelurahan Batu Gajah, Kecamatan Sirimau
    Ambon - Maluku, 97124
  • 0911 352389 - 352367
  • (fax) 0911-352389

Copyright © 2016 Thinkweb. All Rights Reserved