Dikbud Gelar Sosialisasi UN Tingkat Provinsi Featured

(Sosialisasi Ujian Nasional (UN)sekolah untuk SMA/SMK Sederajat Se-Maluku)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku, kemarin,  melakukan sosialisasi Ujian Nasional (UN) tingkat Provinsi Maluku tahun pelajaran 2017 - 2018 dengan menghadirkan seluruh kepala sekolah SMA/SMK Sederajat Se-Maluku dan Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kemendikbud RI Dr. Kiki Yuliati.

(Sekretaris Dikbud Provinsi Maluku Mimi Hudjajani dan Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kemendikbud RI Dr. Kiki Yuliati)

Sekretaris Dikbud Provinsi Maluku Mimi Hudjajani, mengatakan tujuan pelaksanaan sosialisasi UN ini dalam rangka untuk memperkuat pemahaman terkait dengan kebijakan pemerintah terhadap pelaksanaan ujian sekolah berstandar Nasional (USBN) dan memperkuat pemahamanan sumber daya manusia yang akan melakukan sosialisasi UN di 11 Kabupaten/Kota.

Menurutnya, UN ini merupakan kegiatan pengujian kompetensi mata pelajaran yang diajarkan para guru kepada peserta didik. Karena itu, atas pelaksanaan sosialiasi UN ini maka perlu ada suatu standar strategis pelaksanaannya. Dengan demikian, terselenggaranya sosialisasi UN ini atas kerjasama dari semua elemen pendidikan dan yang menjadi catatan penting adalah keterlibatan panitia ujian, pengawas maupun pemerhati pendidikan, yang bekerja secara profesional, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan. "Saya berharap, agar para guru bisa menyiapkan siswanya hingga nilai yang diperoleh dalam pelaksanaan UN nantinya juga memuaskan, dan lebih penting dapat memenuhi standar nilai 5,5 itu yang menjadi keberhasilan kita,"harapnya.

(Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kemendikbud RI Dr. Kiki Yuliati)

Sementara itu, Ketua Panitia UN Provinsi Maluku Fentje Mandaku, menuturkan setelah dilakukan sosialisasi UN ditingkat Provinsi, kemudian akan dilakukan sosialisasi ditingkat Kabupaten/Kota oleh Panitia UN Provinsi untuk SMA/SMK dan juga akan dilakukan oleh Dinas Kabupaten/Kota untuk SD/MI dan SMP/MTs.

Senada dengan itu, Sekretaris BSNP Kemendikbud RI Dr. Kiki Yuliati, mengharapkan agar pelaksananaan UN di Provinsi Maluku dapat berjalan aman, lancar, dan sukses. Karena tahun ini proses pemindaian lembaran jawaban ujian Nasional (LJUN) untuk SMA/SMK Sederajat penanggungjawabnya ada pada LPMP Provinsi Maluku bukan lagi Perguruan Tinggi. Sebaliknya untuk SD/SMP Sederajat penanggungjawabnya ada pada Dikbud Provinsi Maluku. ()

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU

  • KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU
    Jenderal  Ahmad Yani  Kelurahan Batu Gajah, Kecamatan Sirimau
    Ambon - Maluku, 97124
  • 0911 352389 - 352367
  • (fax) 0911-352389

Copyright © 2016 Thinkweb. All Rights Reserved