7111 Anak Berkebutuhan Khusus Tersebar di Maluku Featured

Sesuai dengan data yang masuk ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku, sampai dengan sekarang ini ada sebanyak 7111 anak berkebutuhan khusus yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Maluku. Dan jelas mereka harus mendapat pendidikan yang layak sebagaimana masyarakat lainnya di Indonesia, lebih lagi di Maluku.

Kegiatan Penyusunan Program Anggaran Pembinaan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK)

Terkait hal tersebut, maka Pemerintah Pusat (Pempus) kini mempunyai perhatian khusus yang diteruskan ke semua Provinsi, salah satunya Maluku dengan mengadakan kegiatan penyusunan program anggaran pembinaan pendidikan khusus layanan khusus (PKLK) terhadap 13 Kepala Sekolah Luar Biasa dari 7 kabupaten/kota di Maluku, yang berlangsung di Hotel Imperal Inn,  Selasa (25/7).

Kadisdikbud Provinsi Maluku M. Saleh Thio,  dalam arahannya yang disampaikan Kabid PKLK Jahja S. Baljanan, mengatakan semua anak di Maluku tanpa terkecuali harus mendapat pendidikan yang layak. Dengan demikian, anak-anak berkebutuhan khusus juga mesti menjadi perhatian pemerintah dan kegiatan yang dilakukan ini melibatkan kabupaten/kota untuk menyusun anggaran kebutuhan mereka, sehingga harus menjadi perhatian serius dari para kepala sekolah untuk dapat mampu membuat program yang terbaik bagi para penyandang cacat. Dengan tujuan utama, yaitu agar semua program dapat berjalan baik, sebab sampai hari ini anak-anak tersebut belum diberi perhatian yang sesuai. "Sekali lagi, saya minta semua komponen dapat bahu-membahu untuk melihat anak berkebutuhan khusus. Sebab sampai dengan hari ini masih ada beberapa kabupaten yang belum memiliki sekolah khusus dan juga masih ada segelintir orang memandang mereka dengan sebelah mata," tandasnya. 

Sementara itu, Panitia Pelaksana La Jhoni, turut menambahkan, tujuan dari acara ini adalah menyamakan persepsi dan memberikan masukan, menyusun program evaluasi kegiatan serta sosialisasikan ke PKLK. Narasumber terdiri dari pusat dan daerah, sementara para peserta terdiri dari para kepala sekolah serta penanggungjawab anggaran sebanyak 26 orang. ()

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU

  • KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU
    Jenderal  Ahmad Yani  Kelurahan Batu Gajah, Kecamatan Sirimau
    Ambon - Maluku, 97124
  • 0911 352389 - 352367
  • (fax) 0911-352389

Copyright © 2016 Thinkweb. All Rights Reserved